Teknik Utak-atik

Saya sempat membaca postingan dari Arian "Seringai" yang menulis tentang bagaimana poster event musik itu seharusnya dibuat, supaya tujuan poster yang notabene adalah salah satu alat promosi bagi event musik itu, bisa tercapai. Ini menurut dia:

"Kalau poster buat event musik, jangan terlalu banyak menampilkan tulisan dan logo semua band. Apalagi kalau poster yang dimaksud akan ditempel di tepi jalan. Mana sempat orang yang lewat memperhatikan?
Beda ceritanya kalau poster macam itu ditempel di kantin misalnya. Prinsip poster kan promo desain. Dari sisi seni rupa, harus diperhatikan pengaturan dan keseimbangan warnanya."

Saya yang awam dan serba ingin tau, jadi belajar soal ini. Memang pernah (dan masih) saya lihat, ada poster atau e-flyer yang dibuat asal jadi, padahal tema eventnya bagus tapi jadi terkesan nggak menarik, berkat cara asal jadi itu. Namanya juga promosi, ya harus dibuat semenarik mungkin lah. Jangan dianggap enteng. Salah satu suksesnya event ya karena poster tersebut, setuju dong?

Alhasil, setelah baca postingan Arian, saya mencoba "corat coret" di komputer dengan ilmu sekenanya dan menggunakan teknik utak-atik. Berjam-jam mencoba, ya lumayan lah hasilnya... Lumayan ancur. Hah! 
Dibawah ini hasil iseng "utak-atik" saya untuk promosi event musik yang diorganisir oleh saya dan teman-teman:




Bagaimana? Ancur ya... Berarti saya berhasil.

Baiklah. Semoga bermanfaat dan memotivasi kalian para penggagas event supaya lebih memperhatikan hal ini. Saya adalah calon penonton event kalian, yang lebih dulu melihat cara kalian memperlakukan 'seni'. Oke. Yuk, utak-atik lagi.

Thanks for your tips, Arian.

Komentar